Sabtu, 11 Oktober 2008

PINTU PERTAMA

PINTU PERTAMA

Luapan dari semua apa yang gw rasa, rasa yang ada, tumbuh, dan berkembang tanpa mendahului qadar Allah tentunya.

Denger-denger Indonesia punya hajat mau ngadain SNMPTN (senam ptn), selidik punya selidik ternya senam PTN itu ganti nama dari SPMB (mungkin SPMB membawa sial, kata orang Jawa jaman dulu, ganti nama untuk buang sial seperti sakit, jadilah SENAM PTN “ biar semua PTN pada olahraga kali yaa”).

Merinding denger SPMB dah di depan mata. Kata pepatah “membawa sarung sebelum hujan” jadi kalau hujan bisa langsung nginep dirumah temen. Maksudnya gw harus ngikutin ujian lain untuk masuk keUniversitas Negeri. Banyak Universitas yang menawarkan jalur khusus, kaya UM (ujain mandiri, ujian yang dikerjakan sendiri,yang pasti gak ada bala bantuan/taem suksesnya), swadana(siapa yang berdoku gede hayo sini masuk) pasti tersirat didalam folmulirnya, siswa unggul(PMDK bhs jadulnya), atau keluarga unggul(bagi anak-anak yang keluarganya memiliki jabatan penting pastinya). Pokonya banyak dah jalan menuju pintu Universitas.

Bertekat pingin dapet PTN sampai-sampai belajar dirumah Dara (soalnya Dara sering beruntung, mungkin aja kecipratan hokkinya). Dengan keputusan gw dan L’pi(Om gw) akhirnya gw mengetuk palu 3X setelah berfikir, menimbang, dan mencangkul(loh ko mencangkul!) gw ikut UTUL (ujian tertulis, UM UGM) dengan alasan singkat MURAH SIH!!!.

Sebelum dan sesudah gw ujian, gw satrongin (main) kerumah Dara sama Mariski yang pinter Biologi dan ADe yang pinter semuanya. Berharap lulus UN dan PTN. Ujian UTUL pun dilaksanakan dan dikerjakan seminggu sebelum UN. Palak gw kepecah dua, antara UN dan UTUL(UM UGM). Kemana-mana gw bawa buku potokopian dari Mba Rosa, tentang kumpulan soal-soal UM UGM. Hampir semua orang pinter dalam bidangnya masing-masing gw suruh ngerjain soal UM UGM tahun lalu, bahkan pada hari rabu rutinitas gw nambah, yaitu: belajar sampai pagi sama L’pi. Sehingga pagi harinya mata gw gak bisa liat papan tulis, guru, bahkan temen-temen gw sendiri, soalnya mata gw ngantuk bett.

HARI UTUL UM UGM SEDUNIA 13 April 2008

Hari ini gw namain begitu soalnya hari ini cukup dramatis. Bangun setengah tujuh tanpa basa basi gw memakai baju keberuntungan gw dan langsung hengkang keLabshcool Rawamangun dengan SiPrima (alhamdulillah deket, gak kaya temen-temen gw yang lain pada jauh ujiannya). Sesampainya disana “yaampun dah kaya pasar sumurbatu dah, rame…” gw langsung mencari singgasana (bangku ujian gw). Cling’ukkan kekanan, kekiri, dan kekanan lagi (berasa kesasar dilabirin pasar sumurbatu) dengan semangat akhirnya lantai tigalah lahan dimana banyak orangtua yang mengantar putra putri mereka untuk kepasar,eh salah maksudnya ujian UGM. Banyak orang yang berbekal cipika cipiki dan wejangan-wejangan dari pengantar mereka masing-masing.

Disini,disini gw merasa sendiri, gak ada orang yang mengantar, gak ada orang yang gw kenal, bahkan gak ada buku yang gw bawa.Mau ngapain gw, hanya menanti pengawas membuka segel pintu dan segera ujian tapi tiba-tiba Hp gw geter Breeet..3X, ternyata Oliphe ama Hesti sms gw secara bergantian Cuma mau bilang “semangaaat Ry”, kalimat yang mengesankan sekali kawan, cukuplah jadi bekal mental buat gw nanti didalam ruang ujian. Tahap pertama dengan soal math, kim, boil, dan fisk, hanpir semuanya gw telen bulat-bulat.Tahap kedua dengan soal matdas, B.Ind, dan B.Ing, hanya soal B.ing yang paling absrut, semua kata gak ada yang gw tau artinya.ya apa lagi jawabanya jangan ditanya karena dari semua jenis pelajaran hanya B.Ing’lah yang hanya gw isi satu soal(itu aja ngasal!haha).Tiba-tiba pengawas berdiri disamping gw, mungkin dy janggal dengan apa yang gw kerjain soalnya hanya gw lah peserta ujian yang udah santai tidur-tiduran dengan sedikit lingkaran hitam dilenbar jawabannya. Bahkan gw adalah orang pertama yang selesai tes tahap ketiganya (psikotesnya asik dah). Percaya dengan do’a yang dah gw lantunkan diawal akhir ujian tadi dan yakin kalaupun orang tua gw gak nganter gw mereka tetep meridoi adindanya lulus ujian (trims ibu ama bapakku, yang waktu gw berangkat mereka masih tidur).

Slesai ujian gw kerumah Dara, merakit isi kepala gw agar diformat UN. Haha.. sebenernya adahal yang kurang gw minatin dirumah Dara, yaitu:makan dimeja makan, gw merasa kikuk dengan orang-orang dirumahnya kalo lagi makan, gw merasa kebinalan gw selama ini luluh di atas meja makannya.

UN dah tinggal seminggu lagi, gw yakin dengan seyakin yakinnya bahwa gw akan menjadi orang yang paling bahagia dan bersyukur ketika hari kelulusan nanti.

Setelah selesai UN gw dah gak lagi les SSC, gw hanya nunggu tiga pengumuman UNDIP, UGM, dan UN. Mungkin bukan takdir, gw gak lulus PMDK UNDIP tapi mungkin udah qadarnya Allah nempatin gw di UGM. “Ya …gw dapet Planologi UGM” Mungkin keberuntungan, mungkin juga takdir, atau mungkin hanya setetes nikmat yang berarti hingga hari ini. Luar biasa kebesaranMu, hanya mengerjakan beberapa soal bahkan hanya satu soal b.Inggris yang gw jawab, Allah berkahi semuanya. Berbekal pengumuman planologi UGM gw dah menemukan mata angin dan satu dari sejuta jalan dari boulvard yang ada didepan mata gw.

Seminggu kemudian:

Do’a dan usaha, Allah mendengar do’a gw, jam satu malam telpon rumah gw berdering, suaranya nyaring sekali menyentak gelombang alam tidur gw dan keluarga, pas diangkat. “Hallo Ry kita lulus..” kata Hany didalam telpon dengan nada keras. Alhamdulilliah semua darah, saraf, bahkan DNA&RNA dalam tubuh mensyukuri kabar bahagia itu. Pagi harinya dengan riang semua beban dipundak meleleh dan dengan senyumku yang lebar menandakan gw siap dideportase ke JOgJA. Keberuntungan lagi, untungnya gw punya keluarga yang tinggal diJogja jadinya hidup gw bisa lebih terarah (terjamin dah). Gw tinggal dirumah om Uki dan tanate Lely. Kenikmatan ini pun tak terputus sampai disini saja karena hidup dan adaptasi yang sederhana memperlicin perjalanan gw mencapai satu titik kemandirian dengan mengurangi topangan individu lain dibelakang gw.

Ya ini adalah pintu pertama gw, pintu pertama yang ketika gw buka bukan ibu, bapak, keluarga, atau bahkan temen-temen deket gw yang ada di dalamnya tapi dunia, dunia yang baru pertama kali gw kenal dengan atmosfer yang belum dikenal dan belum tentu akan mudah bersahabat. Pintu pertama gw menuju rencana ruang gw menuju kata SukseS.Amin!!!

Tidak ada komentar: